Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB
Vol 3, No 1: Semester Ganjil 2014/2015

Pengaruh Kepercayaan, Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan, dan Persepsi Kenyamanan Terhadap Minat Penggunaan Mobile Banking Syariah

Muhammad Habibi (Unknown)
Achmad Zaky (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Oct 2014

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan menguji pengaruh minat  individu  dalam menggunakan  mobile banking syariah  dengan menggunakan modifikasi model Theory Acceptance Model  yang dikembangkan Davis tahun 1989.Penelitian ini dilakukan di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya Malang. Penelitian ini memiliki responden sebanyak 61 orang mahasiswa Jurusan Akuntansi Universitas Brawijaya Malang yang menggunakan  mobile banking  perbankan  syariah. Hasil analisis dari penelitian ini menunjukkan bahwa konstruk persepsi kegunaan dan persepsi kenyamanan berpengaruh terhadap sikap penggunaan dan sikap berpengaruh terhadap minat penggunaan  mobile banking syariah. Sebaliknya, kepercayaan dan persepsi kemudahan tidak berpengaruh terhadap sikap penggunaan mobile banking syariah. Hal ini berarti bahwa minat menggunakan  mobile banking syariah dipengaruhi oleh sikap dan sikap dipengaruhi oleh persepsi kegunaan dan persepsi kenyamanan. Penelitian ini relevan untuk bank syariah untuk memfokuskan kembali faktor persepsi kegunaan dan persepsi kenyamanan  pada layanan  mobile banking syariah.Kata Kunci  :  Technology Acceptance Model, Kepercayaan,  Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan, Persepsi Kenyamanan, Minat,Sikap,  Mobile Banking Syariah.

Copyrights © 2014