JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)
Vol 7, No 2 (2021)

Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Peningkatkan Kemandirian Belajar Siswa

Iryana Muhammad (Universitas Malikussaleh)
Aklimawati Aklimawati (Unknown)
Nita Zahara (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Jun 2021

Abstract

Penelitian ini dilakukan melalui penerapan model pembelajaran berbasis masalah pada materi lingkaran kelas VIII SMPN 2 Dewantara dengan bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemandirian belajar siswa pada materi lingkaran kelas VIII SMPN 2 Dewantara yang diterapkan model pembelajaran berbasis masalah lebih baik daripada diterapkan pembelajaran dengan pendekatan saintifik. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimental design dengan rancangan nonequivalent control group design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 2 Dewantara yang terdiri dari 40 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket kemandirian belajar siswa sebelum diberikan perlakuan (pre test) dengan sesudah diberikan perlakuan (post test). Analisis data yang digunakan adalah software Microsoft Office Excel 2007 dan SPSS 18.Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemandirian belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah lebih baik daripada pembelajaran dengan pendekatan saintifik pada materi lingkaran kelas VIII SMPN 2 Dewantara.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

sigma

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pembelajaran dan Matematika Sigma (JPMS) diterbitkan oleh FKIP Universitas Labuhan Batu program studi pendidikan matematika yang berisi tulisan/artikel hasil pemikiran dan hasil penelitian yang ditulis oleh para pakar, ilmuwan, praktisi, pengkaji, guru, dosen dan mahasiswa dalam disiplin ilmu ...