Holistika : Jurnal Ilmiah PGSD
Vol 6, No 1 (2022)

IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MENINGKATKAN KARAKTER SISWA PADA KURIKULUM 2013

Venni Herli Sundi (Universitas Muhammadiyah Jakarta)
Zulela M.S (Universitas Negeri Jakarta)
Edwita Edwita (Universitas Negeri Jakarta)



Article Info

Publish Date
25 May 2022

Abstract

ABSTRAKSekolah dasar adalah tempat dari Pendidikan dasar anak-anak yang dimana anak-anak dapat memperoleh pengetahuan dan Pendidikan karakternya. Pada proses pengembangannya kurikulum dalam proses meningkatkan karakter sangat penting untuk dilakukan saat ini, yaitu dimana proses pembentukan karakter peserta didik. Tetapi pada kenyataannya kurikulum yang berbasis Pendidikan karakter saat ini masih rendah yaitu dimana belum adanya integrasi nilai-nilai karakter ke dalam seluruh mata pelajaran atau muatan local serta proses pengembangan diri dan kurangngnya sikap pembiasaan diri dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan dalam peleitian ini adalah bagaimana strategi pembentuka karakter siswa dan bagaiamana peran guru dalam mengoptimalkan karakter dalam kurikulum 2013. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif yang bertempat di SD Lab School FIP UMJ dengan subjek penelitian kepala sekolah dan guru. Hasil dari penelitian ini dengan melaksakan wawancara dengan kepala sekolah dan guru yaitu di SD Lab School FIP UMJ menanamkan Pendidikan karakter dengan mengintegrasikan dalam profil pelajaran Pancasila, yaitu mengenal dan mencintai Tuhan Yang Maha Esa dan Pemahaman Agama/Kepercayaan, untuk memperkuat karakter tesebut SD Lab School FIP UMJ menerapkan pembalajran berbasis Qiraati yaitu metode mambaca Al Quran dengan makhraj dan kaidah sebaik mungkin spt yang di contohkan Rasulullah SAW dengan begitu karakter siswa dapat meningkat.Kata kunci: Pendidikan Karakter, Kurikulum 2013, Metode Qiraati

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

holistika

Publisher

Subject

Education

Description

Holistika: Jurnal Ilmiah PGSD Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta adalah jurnal nasional berbasis penelitian ilmiah, secara rutin diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas ...