Jurnal Repositor
Vol 4 No 3 (2022): Agustus 2022 (In press)

Evaluasi Usability Menggunakan Metode SUS (System Usability Scale) Serta Menentukan Korelasi Dengan Tingkat Kelulusan Mahasiswa (Studi Kasus : LMS Universitas Muhammadiyah Malang)

Nur Riyan Sahara (Universitas Muhammadiyah Malang)
Gita Indah Marthasari (Universitas Muhammadiyah Malang)
Briansyah Setio Wiyono (Universitas Muhammadiyah Malang)



Article Info

Publish Date
10 May 2022

Abstract

Akhir-akhir ini dunia dihebohkan dengan adanya virus baru yang belum diketahui penyebabnya, virus ini biasa disebut covid-19. Dengan adanya virus baru yang mematikan ini Pemerintah menghimbau untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran secara daring dengan menggunakan teknologi dan jaringan internet. Universitas Muhammadiyah Malang telah mengembangkan model pembelajaran berbasis e-learning dengan memanfaatkan teknologi dan jaringan internet. Salah satu platform e-learning yang digunakan oleh kampus UMM yaitu Learning Management System (LMS) UMM. Didalam website LMS UMM, tersedia berbagai fitur yang di didalamnya dapat diakses oleh dosen dan mahasiswanya sehingga mahasiswa dapat berdiskusi dengan pengajar tentang materi yang sudah di sampaikan oleh dosen di LMS. Suatu sistem dapat dikatakan berhasil jika sistem tersebut dapat digunakan dengan mudah oleh pengguna atau user, hal ini disebut dengan usability. Usability adalah sebuah analisa kualitatif yang menentukan seberapa mudah User menggunakan antarmuka suatu aplikasi, aplikasi dapat dikatakan usable apabila fungsinya dapat dijalankan secara efektif, efisien, dan memuaskan.Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi sejauh mana sistem LMS UMM dapat digunakan dengan baik oleh user dengan mendapatkan nilai tingkat usability dari sistem. Metode yang digunakan yaitu SUS (System Usability Scale), SUS merupakan salah satu metode yang digunakan dalam mengukur tingkat Usability pada suatu aplikasi atau perangkat lunak. System Usability Scale (SUS) juga merupakan salah satu instrumen evaluasi yang digunakan untuk melihat usability dari sebuah produk perangkat lunak. Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk menentukan apakah ada korelasi antara tingkat usability dari sistem LMS dengan tingkat kelulusan mahasiswa yang menggunakan sistem LMS UMM ini.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

repositor

Publisher

Subject

Computer Science & IT Engineering

Description

Jurnal Repositor dipublikasikan oleh Universitas Muhammadiyah Malang dan dikelolah Program Studi Informatika. Jurnal Repositor merupakan jurnal ilmiah dengan ruang lingkup keilmuan bidang ifnormatika. Jurnal ini mempublikasikan hasil penelitian, telaah ilmiah dan serangkaian hasil studi yang ...