Majalah Kesehatan Masyarakat Aceh (MaKMA)
Vol 3, No 2 (2020): Majalah Kesehatan Masyarakat Aceh (MaKMA)

RECOMMENDATIONS FOR PLACEMENT SCHOLARS PROGRAM IMPROVEMENT FOR CAREER PUBLIC HEALTH IN BORDER REGION BACKWARD AND ISLANDS (DTPK)

Tri Wahyuningsih (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Jun 2020

Abstract

Permasalahan terhadap kurangnya tenaga kesehatan terjadi karena maldistribusi tenaga kesehatan. Hal ini diketahui dari jumlah Puskesmas yang belum memiliki tenaga kesehatan masyarakat khususnya di Daerah Tertinggal Perbatasan dan Kepulauan (DTPK). Tujuan dari penelitian ini untuk menyusun rekomendasi program penempatan sarjana kesehatan masyarakat untuk berkarir di DTPK dalam perspektif SCCT (Social Cognitive Career Theory). Jenis penelitian ini adalah penelitian observasional dengan desain studi penelitian cross sectional. Data diperoleh dari kuesioner yang berupa google form dan disebar melalui media sosial whatsapp kepada mahasiswa kesehatan masyarakat yang berada di tiga Universitas yaitu Universitas Airlangga, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin, dan Universitas Hasanuddin Makassar. Hasil penelitian ini menunjukkan person input yaitu agama islam (90,3%); jenis kelamin perempuan (74,9%); suku Jawa (78,3%); background environmental yaitu pendidikan ayah (42,6%); pendidikan ibu (54,3%); pekerjaan ayah (42,6%); pekerjaan ibu (43,1%); pendapatan orang tua 3.000.000 (70%); learning experiences tinggi (85,4%); self efficacy tinggi (54,9%); outcome expectation tinggi (51,7%); tidak interest (64,6%). Berdasarkan hasil penelitian, yang berpengaruh yaitu background environmental pada pekerjaan ayah terhadap self efficacy. Tidak ada yang berpengaruh signifikan antara learning experiences, self efficacy, dan outcome expectation terhadap interest mahasiswa kesehatan masyarakat berkarir di DTPK.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

MaKMA

Publisher

Subject

Arts Humanities Health Professions Materials Science & Nanotechnology Neuroscience Nursing

Description

Majalah Kesehatan Masyarakat Aceh (MaKMA) with E-ISSN: 2621-8178 and P-ISSN: 2654-5934, DOI prefix code: 10.32672 is an official journal of the Public Health Faculty Serambi Makkah University, Aceh Province. It publishes original papers on: Epidemiology; Health Education and Behaviour Science; ...