Chemistry Education Practice
Vol. 5 No. 1 (2022): Edisi Mei

Pengembangan Modul Pembelajaran Kimia Berbasis Model Problem Based Learning (PBL) pada Materi Koloid

Helmina Sari (Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Mataram)
Syarifa Wahidah Al Idrus (Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Mataram)
Rahmawati Rahmawati (Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Mataram)



Article Info

Publish Date
30 May 2022

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) yang bertujuan untuk mengetahui kevalidan dan kepraktisan dari modul pembelajaran kimia berbasis model problem based learning untuk kelas XI MIA di SMAN 1 Pemenang. Desain penelitian yang digunakan adalah model 4D yang dibatasi pada 3 tahapan yaitu Define, Design, dan Develop.Populasi dalam penelitian ini meliputi seluruh siswa kelas XI MIA di SMAN 1 Pemenang tahun ajaran 2020/2021.Sampel dalam penelitian ini adalah dua puluh orang siswa dari kelas XI MIA tahun ajaran 2020/2021 dan seorang guru bidang studi kimia.Sampel ini diambil secara acak dan kemudian dijadikan sebagai responden untuk uji coba terbatas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai validitas dari tiga orang validator yang diperoleh dengan menggunakan indeks Aiken adalah V = 0,71 yang menunjukkan bahwa modul pembelajaran kimia berbasis model problem based learning untuk kelas XI MIA telah valid untuk digunakan. Sementara itu, kepraktisan dapat dilihat dari respon siswa dan guru yang menunjukkan respon positif dengan rata-rata persentase kepraktisan semua komponen modul sebesar 84,5%. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran kimia berbasis model problem based learning untuk kelas XI MIA di SMAN 1 Pemenang yang dikembangkan bersifat valid dan praktis sehingga dapat digunakan pada proses pembelajaran.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

CEP

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Chemistry Education Practice (ISSN Cetak 2654-8119 dan ISSN Online 2656-3940) adalah jurnal peer-review yang diterbitkan oleh Program Pendidikan Kimia, Fakultas Pendidikan Guru Pelatihan dan Pendidikan, Universitas Mataram. Jurnal ini merupakan jurnal open access. Jurnal Chemistry Education ...