Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan
Vol. 7 No. 2c (2022): Juni

Analisis Problematika Pembelajaran Kimia Berbasis Etno-STEM dari Aspek Kurikulum

Syarifa Wahidah Al Idrus (Universitas Mataram)
Ketut Suma (Universitas Pendidikan Ganesha)



Article Info

Publish Date
15 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui problematika pembelajaran kimia berbasis etno-STEM dari aspek kurikulum. Metode dalam penelitian ini adalah mix methode yaitu menggabungkan antara kuantitatif dan kualitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah guru kimia se pulau LombokĀ  dengan jumlah 25 guru. Problematika pembelajaran berbasis etno-STEM dalam kurikulum 13 menunjukkan bahwa guru merasa kesulitan dalam merencanakan pembelajaran berbasis etno-STEM yaitu 24 orang guru. Guru juga mengalami kesulitan dalam Proses pembelajaran berbasis etno-STEM. Hal ini terlihat hanya 1 orang yang pernah melakukan pembelajaran etno-STEM. Guru juga mengalami permasalahan dalam menyusun penilaian sesuai etno-STEM dalam K13, hanya 1 orang yang sesuai etno-STEM. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan kurikulum 2013 sebagian guru telah melakukan, tapi pembelajaram berbasis etno-STEM hamya 1 guru yang pernah melakukan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jipp

Publisher

Subject

Education

Description

JIPP (Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan) (ISSN Print 2502-7069 and ISSN Online 2620-8326) is a peer-reviewed journal published biannually by Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) University of Mataram, Mataram, Lombok, Indonesia. The journal publishes research and conceptual articles in the ...