Scriptura : Jurnal Ilmiah
Vol. 7 No. 2 (2017): DECEMBER 2017

PELAKSANAAN PROGRAM INTERNSHIP DALAM UPAYA MENINGKATKAN CITRA LEMBAGA PENDIDIKAN (STUDI KASUS: FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI – UNIVERSITAS KRISTEN SATYA WACANA)

Dian Nugraheni (Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Kristen Satya Wacana Jl. Diponegoro 52-60, Salatiga 50711, INDONESIA)
Lina Sinatra Wijaya (Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Kristen Satya Wacana Jl. Diponegoro 52-60, Salatiga 50711, INDONESIA)



Article Info

Publish Date
19 Oct 2018

Abstract

Program Internship merupakan kegiatan yang dibuat bagi mahasiswa untuk menerapkan ilmunya serta mendapatkan pengalaman kerja di dunia nyata. Program internship dapat diterapkan untuk meningkatkan citra pada sebuah lembaga pendidikan. Dengan pesatnya persaingan antar lembaga pendidikan, maka setiap lembaga pendidikan berupaya mendapatkan citra positif untuk meningkatkan eksistensi, serta nilai jual kepada masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui seberapa besar pengaruh program internship dalam meningkatkan citra lembaga pendidikan yang bersangkutan, sehingga berdampak pada peningkatan jumlah mahasiswa yang melaksanakan internship di tempat terkait. Objek penelitian ini adalah melihat program internship yang dilakukan oleh Fakultas Teknologi Informasi – Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengambilan data melalui observasi, wawancara mendalam dan wawancara sistematik. Hasil penelitian ini menunjukan program internship dapat meningkatkan citra positif dari lembaga pendidikan. Citra terbentuk dari ketrampilan hard skill dan soft skill yang dimiliki oleh mahasiswa, dan juga dari tanggung jawab, kreatifitas, kerja secara professional, serta sikap inisiatif yang mengarah pada kepuasan kerja dan akan membentuk loyalitas kepada perusahaan. Citra positif pada program internship nantinya akan  berpengaruh pada peningkatan jumlah mahasiswa yang diterima oleh instansi/lembaga untuk melaksanakan internship di tempat terkait. Citra positif juga berpengaruh kepada kepercayaan dari instansi/lembaga untuk melakukan kerja sama dalam program internship dengan lembaga pendidikan tersebut, serta menawarkan pekerjaan terhadap mahasiswa tersebut setelah lulus.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

iko

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Ilmiah Scriptura is published biannually, in January and July, by Petra Christian University. Jurnal Ilmiah Scriptura aims to promote a comprehensive approach to communication incorporating viewpoints of different disciplines, strengthen academic exchange with other institutions, and ...