Jurnal Komunikasi Nusantara
Vol 4 No 1 (2022)

Hashtag dan Community Engagement Konten Perkembangan Ekonomi Kreatif Cirebon pada Media Sosial Instagram

Dessy Kushardiyanti (IAIN Syekh Nurjati Cirebon)
Suryadi (IAIN Syekh Nurjati Cirebon)
Novy Khusnul Khotimah (Badan Narkotika Nasional)



Article Info

Publish Date
05 Jun 2022

Abstract

This research traces and analyzes the content of Instagram's social media to see community engagement through a series of online news on Instagram, especially in the creative economy sector. Descriptive qualitative-based research method with content analysis approach by searching # (hashtag) with the keyword Cirebon and grouping several accounts to see engagement based on followers and number of uploads to see activity on the content through captions or image descriptions as well as community involvement as Instagram users. The results of the study state that the role of Instagram social media in terms of content analysis has a major impact and influence on the economic development in the city of Cirebon in terms of opinions, invitations, and education of several Instagram account users because it can be seen that there is community engagement in several uploads to advance the city of Cirebon as a service city in Indonesia. The participation of business actors/entrepreneurs makes a major contribution to the development economy and creative economy because of the findings and the number of entrepreneurs who have goods and services with their own uniqueness and the large use of social media Instagram as one of the uses of technology seen from Rostow's economic theory of development. Abstrak Penelitian ini menelusuri dan menganalisis konten media sosial Instagram untuk melihat community engagement melalui serangkaian berita-berita online di Instagram, khususnya di sektor ekonomi kreatif. Metode penelitian berbasis kualitatif deskriptif dengan pendekatan analisis konten, menelusuri # (hashtag) dengan kata kunci Cirebon dan melakukan pengelompokan beberapa akun guna dilihat engagement berdasarkan followers dan jumlah uggahan untuk melihat aktivitas pada konten tersebut melalui caption atau deskripsi gambar serta keterlibatan masyarakat sebagai pengguna Instagram. Hasil penelitian menyebutkan peran sosial media Instagram ditinjau dari analisis konten memberikan dampak dan pengaruh besar terhadap ekonomi pembangunan di kota Cirebon ditinjau dari pendapat, ajakan, edukasi beberapa pengguna akun Instagram karena terlihat adanya community engagement di beberapa unggahan untuk memajukan kota Cirebon sebagai kota jasa di Indonesia. Peran serta pelaku usaha/wirausaha memberikan kontribusi besar terhadap ekonomi pembangunan dan ekonomi kreatif karena temuan dan banyaknya pelaku wirausaha memiliki barang dan jasa dengan keunikan masing-masing serta besarnya penggunaan sosial media Instagram sebagai salah satu pemanfaatan teknologi dilihat dari teori ekonomi pembangunan Rostow.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jkn

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Komunikasi Nusantara (JKN) merupakan jurnal ilmu komunikasi yang diterbitkan oleh Unitri Press Universitas Tribhuwana Tunggadewi. Jurnal Komunikasi Nusantara menerima tulisan yang belum pernah diterbitkan dalam bentuk naskah hasil penelitian atau kajian teori dan konsep.. Jurnal Komunikasi ...