Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas model pembelajaran Creative Problem Solving dalam meningkatkan pemahaman konsep bangun ruang siswa SMP Negeri 4 Baubau. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Baubau yang terdiri dari 11 kelas dengan jumlah 363. Sampel dalam penelitian ini diambil mengunakan purposive sampling yaitu siswa kelas VIII9 berjumlah 32 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII10 berjumlah 32 siswa sebagai kelas kontrol. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah essay tes. Data yang diperoleh dianalisis dengan analisis deksriptif dan analisis inferensial dalam bentuk uji-t. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan: (1) Nilai rata-rata progres prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Baubau dengan menggunakan model pembelajaran Creative Problem Solving dengan media visual pada kelas eksperimen sebesar 25,31. Sedangkan nilai rata-rata progres prestasi belajar siswa pada kelas kontrol sebesar 14,69. (2) Berdasarkan hasil hipotesis dengan menggunakan uji-t diperoleh nilai signifikan (2-tailed) = 0,000 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini berarti bahwa pembelajaran menggunakan model pembelajaran Creative Problem Solving dengan media visual efektif untuk memahami konsep bangun ruang pada siswa SMP Negeri 4 Baubau.
Copyrights © 2022