JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)
Vol. 5 No. 5 (2022): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)

Efektifitas Model Pembelajaran Creative Problem Solving dengan Media Visual untuk Memahami Konsep Bangun Ruang pada Siswa SMP Negeri 4 Baubau

Usa, Suwarni La (Unknown)
Samil, Sitti Nurjanah (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 May 2022

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas model pembelajaran Creative Problem Solving dalam meningkatkan pemahaman konsep bangun ruang siswa SMP Negeri 4 Baubau. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Baubau yang terdiri dari 11 kelas dengan jumlah 363. Sampel dalam penelitian ini  diambil mengunakan purposive sampling yaitu siswa kelas VIII9 berjumlah 32 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII10 berjumlah 32 siswa sebagai kelas kontrol. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah essay tes. Data yang diperoleh dianalisis dengan analisis deksriptif dan analisis inferensial dalam bentuk uji-t. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan: (1) Nilai rata-rata progres prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Baubau dengan menggunakan model pembelajaran Creative Problem Solving dengan media visual pada kelas eksperimen sebesar 25,31. Sedangkan nilai rata-rata progres prestasi belajar siswa pada kelas kontrol sebesar 14,69. (2) Berdasarkan hasil hipotesis dengan menggunakan uji-t diperoleh nilai signifikan (2-tailed) = 0,000 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini berarti bahwa pembelajaran menggunakan model pembelajaran Creative Problem Solving dengan media visual efektif untuk memahami konsep bangun ruang pada siswa SMP Negeri 4 Baubau.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIIP

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Other

Description

JIIP – Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Jurnal ilmiah ber-ISSN yang difokuskan pada keilmuan pendidikan secara umum antara lain: Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Teknologi Informasi, Pendidikan ...