JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)
Vol. 5 No. 7 (2022): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)

Rekonstruksi Peran Guru dalam Pendidikan Islam

Putriyani S (Dosen Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Enrekang, Enrekang, Sulawesi Selatan, Indonesia)



Article Info

Publish Date
08 Jul 2022

Abstract

Guru semakin dibutuhkan perannya untuk melindungi peserta didik dari pengaruh negatif globalisasi. guru di era modern ini seharusnya menjalankan perannya sebagai pendidik sebaik mungkin dengan menjalankan kompetensi yang harus dimiliki serta menjadikan Al-Qur’an sebagai acuan dalam menjalankan tugasnya dan mencerminkan guru yang berintegritas, profesional dan ikhlas. Sehingga dengan demikian, seorang guru akan terhindar dari stigma negatif, bahwa menjadi guru hanya sebatas profesi material oriented saja. Namun, guru adalah orang yang akan membentuk peserta didik yang cerdas secara intelektual, emosional dan spiritual. Ajaran normatif dan pengalaman sejarah terkait dengan pendidikan Islam yang unggul dan terintegrasi patut dipraktekkan kembali dalam rangka menghasilkan generasi unggul di era milenial disertai dengan penguasaan teknologi yang berkembang sesuai zaman.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIIP

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Other

Description

JIIP – Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Jurnal ilmiah ber-ISSN yang difokuskan pada keilmuan pendidikan secara umum antara lain: Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Teknologi Informasi, Pendidikan ...