Jurnal Informatika Teknologi dan Sains (Jinteks)
Vol 4 No 2 (2022): EDISI 12

PENERAPAN FRAMEWORK COBIT 5 DALAM ANALISIS KEAMANAN WEBSITE DESA UMA BERINGIN DENGAN METODE CAPABILITY MATURITY MODEL INTEGRATION (CMMI)

Yunanri W (Unknown)
Rodianto (Universitas Teknologi Sumbawa)
Zulkarnaen (Universitas Teknologi Sumbawa)



Article Info

Publish Date
29 May 2022

Abstract

Website merupakan salah satu layanan media informasi yang berfungsi sebagai sarana interaksi antar sesama. Website yang baik adalah website yang dapat dinilai tingkat keamanannya, sehingga mampu memberikan kenyamanan bagi penggunanya. Kantor Desa Uma Beringin mempunyai website yang digunakan sebagai layanan informasi. Namun dalam proses berjalannya, website memiliki terdapat gangguan seperti ditemukan bug dan tidak adanya standar keamanan yang diterapkan pada website tersebut. Tujuan dari penelitian adalah menemukan alers supaya teridentifikasinya bug dan untuk mengetahui tingkat keamanan yang diterapkan pada website serta memberikan rekomendasi sebagai bahan pertimbangan dalam memperbaiki kekurangan. Kombinasi antara metode CMMI dengan COBIT 5 sebagai standar kontrol dalam mengetahui tingkat keamanan sistem informasi. Hasil yang didapat dari semua proses aktivitas mendapatkan nilai maturity level 2.495 atau pada level Repeatable But Invinitve. Kantor Desa Uma Beringin sudah berada di level cukup baik dalam proses pengembangan website dan pemantauan ulang serta inovasi yang dapat membantu kelangsungan sebagai fungsinya serta penanganan ancaman keamanan yang mengikuti standar operasional prosedur (SOP).

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JINTEKS

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering

Description

Jurnal Informatika Teknologi dan Sains (JINTEKS) merupakan media publikasi yang dikelola oleh Program Studi Informatika, Fakultas Teknik dengan ruang lingkup publikasi terkait dengan tema tema riset sesuai dengan bidang keilmuan Informatika yang meliputi Algoritm, Software Enginering, Network & ...