Journal of Classroom Action Research
Vol. 4 No. 2 (2022): Mei

Pengembangan Media Photo Story Pada Pembelajaran Sastra Anak Kelas III Sekolah Dasar

Julkifliati (Unknown)
Ida Bagus Kade Gunayasa (Unknown)
Nurul Kemala Dewi (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Jun 2022

Abstract

Kemampuan guru dalam menggunakan media masih kurang, selain itu ketersediaan media di sekolah untuk suatu pembelajaran kurang mencukupi. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan produk berupa media Photo Stoty pada pembelajaran sastra anak, mengetahui kelayakan media Photo Story berdasarkan penilaian validator dan mengetahui respon peserta didik setelah menggunakan media Photo Story. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model ADDIE (Analysis yaitu menganalisis perlunya pengembangan media, Design yaitu membuat rancangan media Photo Story, Development yaitu menghasilkan produk media Photo story, Implementation yaitu uji coba kelompok kecil dan uji coba lapangan pada peserta didik kelas III, and Evaluation yaitu untuk mengetahui kelayakan produk yang telah dibuat). Instrumen penelitian yang digunakan yaitu berupa lembar angket validasi ahli materi, ahli media dan angket respon peserta didik untuk mengetahui kelayakan media Photo Story, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelayakan media Photo Story pada pemebaljaran sastra anak yang telah dikembangkan memperoleh nilai persentase 90% dengan kriteria “sangat layak” dari dosen ahli media, dari dosen ahli materi memperoleh persentase 96,6% dengan kriteria “sangat layak” dan dari guru sebagai ahli materi memperoleh nilai persentase 93,3% dengan kriteria “sangat layak”. Sedangkan dari respon peserta didik dalam uji coba lapangan setelah menggunakan media Photo Story memperoleh nilai persentase 93% dengan kriteria “sangat layak”. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media Photo Story pada pembelajaran sastra anak kelas III sekolah dasar “sangat layak” untuk digunakan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jcar

Publisher

Subject

Education Other

Description

Journal of Classroom Action Reseach (Jurnal Penelitian Tindakan kelas) e-ISSN:2656-2340 , p-ISSN: 2656-3460 adalah jurnal yang memuat artikel hasil penelitian-penelitian kelas baik dari kalangan guru, dosen, maupun dari hasil penelitian mahasiswa. Journal of Classroom Action Reseach merupakan salah ...