Journal of Classroom Action Research
Vol. 4 No. 1 (2022): February

Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbentuk Cerita Bergambar

Giri Rahma Hairani (Unknown)
Safruddin (Unknown)
Heri Setiawan (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Jun 2022

Abstract

Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) adalah kumpulan dari lembaran yang berisi tentang kegiatan yang memungkinkan peserta didik untuk melakukan suatu aktivitas nyata dengan objek dan persoalan yang dipelajari. LKPD merupakan bahan ajar cetak berupa beberapa lembar kertas yang berisikan materi, ringkasan, dan petunjuk dalam pelaksanaan tugas yang akan dikerjakan oleh peserta didik yang mengacu kepada kompetensi dasar yang akan dicapainya. Cerita bergambar adalah bahan ajar grafis yang digunakan dalam proses pembelajaran yang memiliki pengertian praktis yaitu dapat mengkomunikasikan fakta-fakta dan gagasan-gagasan tertentu secara jelas dan kuat melalui perpaduan antara pengungkapan kata-kata dan gambar. Guru hendaknya mampu merancang dan mempersiapkan LKPD dengan matang serta selalu memperhatikan kebutuhan setiap siswa. Hasil observasi menunjukan Guru belum merancang sendiri LKPD yang mampu membantu kebutuhan peserta didik untuk belajar lebih aktif dan kreatif, guru memberikan lembar kerja yang materi dan soalnya diambil dari buku paket sehingga peserta didik kurang aktif dalam melasanakan pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui langkah-langkah LKPD berbentuk cerita bergambar efektif dan efisien dari segi isi dan tampilan, mengetahui kelayakan LKPD, mengetahui respon peserta didik terhadap LKPD. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner atau angket. Hasil penelitian pengembangan LKPD dimulai dari analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Uji validasi ahli materi dan ahli bahan ajar menunjukan rata-rata 4 dan 5 yang merupakan kategori sangat valid. Presentase hasil uji kelompok kecil adalah 93,6% dan kelompok besar 95% dengan kriteria sangat baik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jcar

Publisher

Subject

Education Other

Description

Journal of Classroom Action Reseach (Jurnal Penelitian Tindakan kelas) e-ISSN:2656-2340 , p-ISSN: 2656-3460 adalah jurnal yang memuat artikel hasil penelitian-penelitian kelas baik dari kalangan guru, dosen, maupun dari hasil penelitian mahasiswa. Journal of Classroom Action Reseach merupakan salah ...