Ed-Humanistics : Jurnal Ilmu Pendidikan
Vol 7 No 1 (2022): Ed-Humanistics Vol 7 No 1 Tahun 2022

PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS NUMBERED HEADS TOGETHER PADA MATERI ZAT ADITIF KELAS VIII

Deswita Aji Astutik (Program Studi Pendidikan IPA, FIP, Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang)
Oktaffi Arinna Manasikana (Program Studi Pendidikan IPA, FIP, Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2022

Abstract

Penelitian ini bermaksud untuk membuat dan mengukur valid, praktis dan efektif LKPD berbasis numbered heads together pada materi zat aditif kelas VIII. Metode penelitian mengintisarikan pengembangan model ADDIE yang dilakukan lima tahap ialah analyze, design, development, implementation, dan evaluation. Hasil dari validasi LKPD oleh dua validator ahli dan pendidik didapatkan skor rerata sebesar 77,8% dengan kategori valid. Hasil kepraktisan berdasarkan keterlaksanaan penggunaan LKPD didapatkan skor rata-rata 88,6% dan hasil respon positif peserta didik didapatkan skor rerata sebesar 92.8% dengan kelompok sangat praktis. Hasil keefektifan mengolah ketuntasan hasil belajar peserta didik didapatkan skor rerata78,7% dengan kategori efektif. Kata Kunci : Pengembangan LKPD, Model Numbered Heads Together, Zat Aditif.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ed-humanistics

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Ed-Humanistics memuat artikel hasil penelitian, kajian pustaka dan gagasan konseptual dalam bidang pendidikan. Jurnal Ed-Humanistics terbit dua kali dalam satu tahun pada bulan April dan ...