Sustainable: Jurnal Kajian Mutu Pendidikan
Vol 5 No 1 (2022): Sustainable

Penerapan Strategi Scaffolding Pada Pembelajaran Fiqih Di Era Pasca Pandemi Covid-19

Amran Fauzi (Universitas Lampung)
Herpratiwi Herpratiwi (Universitas Lampung)
Riswandi Riswandi (Universitas Lampung)



Article Info

Publish Date
19 Jun 2022

Abstract

Guru merupakan salah satu komponen yang sangat berpengaruh pada proses pembelajaran, karena guru memegang peranan yang sangat penting antara lain menyiapkan materi, menyampaikan materi, serta mengatur semua kegiatan belajar mengajar dalam proses pembelajaran. Dalam rangka memaksimalkan kemampuan siswa dalam belajar, dibutuhkan berbagai upaya yang harus dilakukan. Pendekatan atau strategi pembelajaran mempunyai andil dalam meningkatkan kemampuan siswa untuk memahami suatu konsep, dengan kolaborasi penggunaan media pembelajaran dan pendekatan yang tepat maka diharapkan siswa dapat menyerap konsep-konsep tersebut. Memaksimalkan kemampuan tersebut, mereka membutuhkan bantuan dari orang dewasa, dalam hal ini adalah guru. Namun, bantuan atau dukungan ini tidak dapat diberikan terus-menerus. Bantuan atau dukungan ini dikenal dengan Scaffolding. Tujuan dari tulisan ini adalah untuk mendiskripsikan strategi scaffolding dalam membantu siswa agar memaksimalkan kemampuannya. Metode penulisan yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Hasil kesimpulan penerapan strategi scaffolding pada pembelajaran Fiqih dapat membantu siswa untuk memaksimalkan kemampuannya dalam memahami materi pelajaran.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

sus

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Sustainable Journal is a high-quality open-access peer-reviewed research journal that is published by the Quality Assurance of Bangka Belitung State Islamic Institute (LPM - IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung). Sustainable Journal is providing a platform that welcomes and acknowledges ...