JURNAL PENDIDIKAN SAINS SOSIAL DAN AGAMA
Vol. 8 No. 1 (2022): Jurnal Pendidikan, Sains Sosial, dan Agama

Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Aplikasi Powtoon & Quizizz dalam Pengajaran Teks Eksplanasi di SMA

Apriliya Wijayanti (Universitas Sebelas Maret)
Wahyu Fajar Lestari (Universitas Sebelas Maret)
Alfi Lutfiana Zahroini (Universitas Sebelas Maret)
Alfi Syahidah Dyah Puspitasari (Universitas Sebelas Maret)
Azis Sydney Nur Pradana (Universitas Sebelas Maret)
Chafit Ulya (Universitas Sebelas Maret)



Article Info

Publish Date
14 Jul 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan memberikan intervensi pilihan kepada guru mengenai media pembelajaran interaktif dalam menyampaikan materi dengan menggunakan aplikasi powtoon dan quizizz di SMA Negeri 5 Surakarta. Pengembangan media pembelajaran menggunakan prinsip VISUALS, yaitu (1) Visible (mudah dilihat); (2) Interesting (menarik); (3) Simple (sederhana); (4) Useful (bermanfaat); (5) Accurate (sesuai materi dan tujuan pembelajaran); (6) Legitimate (sah); dan (7) Structured (terstruktur dengan baik). Pendekatan kualitatif digunakan dalam penelitian ini dengan menjadikan SMA Negeri 5 Surakarta sebagai subjek penelitian. Data penelitian diperoleh melalui teknik observasi dan wawancara dengan salah satu guru bahasa Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pembelajaran teks eksplanasi biasanya menggunakan metode ceramah, tanya jawab, dan diskusi. Biasanya guru juga menggunakan media pembelajaran berupa tayangan power point dan video. Maka, dengan hal itu kami menggunakan aplikasi Powtoon sebagai media penyampai informasi dan aplikasi Quizizz sebagai media evaluasi mendapat respon baik dari guru dan siswa di SMA Negeri 5 Surakarta.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

PSSA

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Other

Description

JURNAL PENDIDIKAN, SAINS SOSIAL, DAN AGAMA is a double-blind peer-reviewed scientific open access journal. The journal is dedicated to publishing research articles focusses on: 1. Teaching method 2. Instructional methods 3. Instructional strategy 4. Instructional materials development 5. Experiment, ...