JURNAL PENDIDIKAN SAINS SOSIAL DAN AGAMA
Vol. 8 No. 1 (2022): Jurnal Pendidikan, Sains Sosial, dan Agama

Kepemimpinan Wanita menurut Al-Qur'an (Kajian Komparasi Tafsir As-Sya’rawi dan Shafwatut At-Tafasir Surat An-Naml Ayat 29-33

Abdurrohman Al Asy’ari (Universitas Sains Al-Qur’an Wonosobo)
Robingun Suyud El Syam (Universitas Sains Al-Qur’an Wonosobo)



Article Info

Publish Date
18 Jul 2022

Abstract

Penelitian mengungkap kepemimpinan wanita menurut al-Qur’an, dengan kajian komparasi antara tafsir as-Sya’rawi dan shatwatut at-Tafasir. Penelitian termasuk jenis kualitatif, pendekatan komparatif. Sumber data primer tafsir, didukung literatiur lain, kemudian dianalisis induktif. Penelitian menghasilkan: bahwa tafsir as-Sya’rawi dengan pendekatan kontekstual, tanpa mengesampingkan nilai sosial. Bahwa struktur masyarakat akan tercapai jika kepemimpinan berada di tangan yang berkompeten, tanpa perbedaan gender. Pada surat an-Naml ayat 23-44, Ratu Bilqis menunjukkan bahwa perempuan berpotensi menjadi pemimpin dalam keadaan tertentu. Di antara keadaan tersebut: cerdas, pandai, cerdas, kuat, protektif terhadap rakyat, terampil berdiplomasi, demokratis, terbuka. Tafsir shatwatut at-Tafasir agak berbeda, laki-laki adalah pemimpin bagi perempuan, seorang suami memiliki kewajiban merawat, mendidik dan mencari nafkah. Ciri Istri yang baik yakni taat kepada Tuhan dan suaminya, serta memenuhi semua tugas, menjaga diri dari kejahatan, dan menjaga uang suaminya dari pemborosan. Keduanya wajib saling menutupi, melengkapi kekurangan, menjaga rahasia pribadi, amar ma’ruf nahi munkar, termasuk masalah hidup dan keluarga. Dia seperti pemimpin bagi rakyatnya.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

PSSA

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Other

Description

JURNAL PENDIDIKAN, SAINS SOSIAL, DAN AGAMA is a double-blind peer-reviewed scientific open access journal. The journal is dedicated to publishing research articles focusses on: 1. Teaching method 2. Instructional methods 3. Instructional strategy 4. Instructional materials development 5. Experiment, ...