Buana Komunikasi (Jurnal Penelitian dan Studi Ilmu Komunikasi)
Vol 3, No 1 (2022): Juni

Pengaruh Motivasi Belajar Mahasiswa dan Kinerja Mengajar Dosen terhadap Keaktifan Mahasiswa pada Perkuliahan Online

Robby Rachman Nurdiantara (Universitas Halim Sanusi)



Article Info

Publish Date
25 Jun 2022

Abstract

Perkuliahan Online pada tingkat perguruan akibat pandemi Covid-19 memberikan dampak dan hambatan bagi mahasiswa dan dosen, khususnya berkaitan dengan penurunan kualitas pembelajaran, maka dari itu diperlukan motivasi belajar mahasiswa yang tinggi serta kinerja mengajar dosen yang baik agar mahasiswa lebih aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar mahasiswa dan kinerja mengajar dosen terhadap keaktifan mahasiswa pada perkuliahan online. Jenis penelitian menggunakan paradigma kuantitatif dengan jenis deskriptif dan verifikatif. Populasi penelitian adalah mahasiswa Universitas Halim Sanusi – PUI Bandung, dengan sampel sebesar 30 responden. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran angket/kuesioner secara online berupa format google form sebagai sumber data primernya dan teknis analisis datanya menggunakan analisis jalur (path analysis) secara simultan dan parsial. Hasil penelitian menyatakan bahwa motivasi belajar mahasiswa dan kinerja mengajar dosen secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keaktifan mahasiswa pada perkuliahan online, selanjutnya motivasi belajar mahasiswa secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keaktifan mahasiswa pada perkuliahan online, serta kinerja mengajar dosen secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keaktifan mahasiswa pada perkuliahan online.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

buanakomunikasi

Publisher

Subject

Religion Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science Social Sciences

Description

Buana Komunikasi (Jurnal Penelitian dan Studi Ilmu Komunikasi) is a scientific journal published by the Sangga Buana YPKP Social and Political Science Study Program with p-ISSN 2774-2342,e-ISSN 2774-2202 published 2 times and 1 year (June-December). The articles published have gone through the ...