Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra
Vol 9, No 1 (2022): April

Penerapan Model Pembelajaran Brainstroming dalam Meningktkan Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Bebantuan Media Quizizz

Fitri Nurjanah (Universitas Muhammadiyah Jakarta)
Lutfi Syauki Faznur (Universitas Muhammadiyah Jakarta)



Article Info

Publish Date
15 Jun 2022

Abstract

Penelitian mengenai penerapan model pembelajaran brainstorming berbantuan Quizizz dalam meningkatkan keterampilan menulis teks eksplanasi kelas XI bertujuan untuk meningkatkan minat siswa terhadap mata pelajaran bahasa Indonesia khususnya keterampilan menulis. Covid-19 membuat proses belajar mengajar dilakukan secara daring di rumah masing-masing, sehingga pengajar dituntut untuk kreatif dalam menggunakan model dan media pembelajaran yang dapat membangun suasana belajar yang efektif agar tecapainya tujuan pembelajaran. Penerapan model pembelajaran Brainstroming berbantuan media Quizizz  ini telah diterapkan pada kelas XI SMK Informatika bertujuan membangun minat belajar siswa pada keterampilan menulis teks eksplanasi pada pembelajaran daring. Hasil dari penelitian adalah keefektifkan pada saat pembelajaran daring dengan menerapkan model pembelajaran Brainstroming berbantuan Quizizz dan juga nilai tes siswa yang mengalami peningkatan sehingga dapat mencapai KKm yang telah ditentukan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

METAFORA

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra menyediakan forum untuk menerbitkan artikel dan laporan penelitian yang berfokus pada bidang: 1. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2. Kajian Linguistik Bahasa Indonesia 3. Kajian Sastra ...