Al-Maraji': Jurnal Pendidikan Bahasa Arab
Vol 6, No 1 (2022): Al-Maraji': Jurnal Pendidikan Bahasa Arab

Efektivitas Metode Totally Physical Response (TPR) dalam Meningkatkan Penguasaan Ungkapan Harian Berbahasa Arab Santri Putri Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Darul Istiqamah Lappae Sinjai

Nur Oktaviani A. Salim (Universitas Muhammadiyah Makassar)
A. Fajriwati T. (Universitas Muhammadiyah Makassar)
Nur Fadilah Amin (Universitas Muhammadiyah Makassar)



Article Info

Publish Date
27 Jun 2022

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui 1) Bagaimana penguasaan ungkapan harian Bahasa Arab Santriwati Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Darul Istiqamah Lappae Sinjai sebelum menggunakan metode Totally Physical Response (TPR), 2) Bagaimana penguasaan ungkapan harian Bahasa Arab Santriwati Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Darul Istiqamah Lappae Sinjai sesudah menggunakan metode Totally Physi meningkatkan penguasaan ungkapan harian santriwati Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Darul Istiqamah Lappae Sinjai. Jenis penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dengan desain penelitian One Grup Pretest Postest Desain yaitu jenis eksperimen hanya digunakan pada satu kelompok tanpa pembanding bertujuan untuk mengetahui apakah ada peningkatan ketika menerapkan metode Totally Physical Response (TPR). Metode pengumpulan data yaitu observasi, teknik tes secara lisan dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Penguasaan ungkapan harian Santriwati sebelum menerapkan metode Totally Physical Response (TPR) peneliti melakukan observasi dan memberikan pretest secara lisan yaitu berupa ungkapan harian yang diketahui oleh siswa. Hasil penilaian pretest santri putri untuk nilai tertinggi 70 dan nilai terendah 50, 2) Penguasaan ungkapan harian santri putri yaitu peneliti memberikan materi dan menerapkan metode Totally Physical Response (TPR) siswa memperagakan perintah yang diungkapkan peneliti, selanjutnya peneliti mengadakan postest memberikan ungkapan harian dengan menggunakan metode Totally Physical Response (TPR). Hasil penilaian postest terendah 70 dan tertinggi 100. 3) Peneliti melakukan uji efektifitas dengan melihat data penilaian siswa dimana nilai rata-rata pretest 60,6 dan nilai rata-rata postest 89,8. Dengan demikian

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

al-maraji

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Al-Marãji’ p-ISSN: 2579-8863 e-ISSN: 2656-6958 adalah jurnal berkala ilmiah yang diterbitkan Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Muhammadiyah Makassar. Jurnal ini dikhususkan pada kajian Pendidikan bahasa Arab baik teori maupun praktek. Jurnal Al-Marãji’ terbit dua kali ...