JIKI (Jurnal Ilmu Komputer dan Informatika)
Vol 3 No 1 (2022): JIKI Juli 2022

CHROOT SISTEM OPERASI LINUX UBUNTU PADA HARDDISK BETYPE LINUX LVM (STUDI KASUS: WARNET SAJID.NET SAMBIKARTO, LAMPUNG TIMUR, INDONESIA)

Arif Hidayat (Unknown)
Ismail Puji Saputra (Unknown)
Dani Anggoro (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2022

Abstract

Chroot adalah sebuah perintah yang memanfaatkan GNU/Linux Live untuk melakukan pengendalian atau masuk dalam sistem yang ada di komputer. Sebagai contoh apabila ingin masuk ke dalam sistem operasi linux ubuntu namun tidak mengetahui passwordnya atau bahkan lupa passwordnya maka jalan terakhir yaitu bisa menggunakan chroot. Teknik chroot ini juga dapat dilakukan oleh seseorang yang sedang menginvestigasi data digital server linux. Sebenarnya banyak teknik untuk untuk melakukan in investigasi dan chroot ini merupakan salah satu dari teknik yang bisa digunakan. Pada penelitian ini disimulasikan pada sistem operasi linux ubuntu server 14.0. Kemudian software yang digunakan untuk melakukan chroot yaitu Sistem Operasi SLAX 64 bit. Hasil dari penelitian ini yaitu ujicoba kemampuan sistem operasi slax dalam melakukan aksi chroot pada sistem operasi linux ubuntu server 14.04. Dapat disimpulkan bahwa aksi chroot menggunakan OS SLAX terbukti dapat melakukan pengendalian atau masuk dalam sistem operasi linux ubuntu server 14.04. Selain itu juga dengan aksi chroot tersebut dapat melakukan pergantian password user root pada linux ubuntu server.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jiki

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

JIKI (Jurnal Ilmu Komputer & Informatika) adalah jurnal ilmiah dalam ilmu komputer dan Informatika yang berisi literatur ilmiah tentang studi penelitian murni dan terapan dalam ilmu komputer dan Informatika dan peninjauan publik terhadap perkembangan teori, metode dan ilmu terapan yang terkait ...