Indonesian Journal of Intellectual Publication (IJI Publication)
Vol. 2 No. 2 (2022): Maret 2022, IJI Publication

Strategi Pemerintah Desa Dalam Pengembangan Potensi Kampung Wisata Desa Gunung Malelo Kecamatan Koto Kampar Hulu Tahun 2020

Seri Hartati (Universitas Abdurrab, Indonesia)
Muhammad Fajar Anugerah (Universitas Abdurrab, Indonesia)
Mhd. Tegar Yasri (Universitas Abdurrab, Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2022

Abstract

Masyarakat di Desa Gunung Malelo sebagai salah satu Desa dengan potensi wisata tinggi, harus mampu bergerak dalam peningkatan menuju kampung wisata. Penelitian ini bertujuan untuk melihat dan menganalisis mengenai strategi pemerintah dalam pengembangan potensi kampung wisata Desa Gunung Malelo Kecamatan Koto Kampar Hulu, Kabupaten Kampar, Riau. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian analisis deskriptif. Sumber data diambil dari hasil wawancara, observasi, dokumentasi dan buku-buku terkait. Teori yang digunakan adalah teori 4P (Product, Price, Place, Promotion). Hasil penelitian ini adalah Desa Gunung Malelo memiliki delapan unggulan wisata (Product), seperti wisata religi, wahana air, wahana keluarga dan juga kuliner. Price (harga) wisata Gunung Malelo adalah wisata yang ramah lingkungan, mudah, murah dan nyaman. Place dalam strategi pemerintah terhadap peningkatan potensi perkembangan lokasi wisata Desa Gunung Malelo adalah dengan mengadakan sarana dan prasarana guna kemajuan wisata dalam pembenahan dan juga membangun solidaritas. Dan strategi (promotion) yang dilakukan oleh Desa Gunung Malelo dalam promosi menggunakan media cetak dan media sosial.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ijipublication

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Education Social Sciences

Description

IJI Publication is a scientific journal published by Unit Publikasi Ilmiah Perkumpulan Intelektual Madani Indonesia with the following focus: Social and Political Sciences with a scope includes: Culture & Social Anthropology, Political Science, Cultural & Media Studies, Gender Studies, Population, ...