SCIENCE : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika dan IPA
Vol. 2 No. 2 (2022)

UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR IPA DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DI MTs NEGERI 1 KOTA BATAM

JURAHMIN JURAHMIN (MTs Negeri 1 Kota Batam)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2022

Abstract

This study aims to increase motivation and science learning outcomes through the application of cooperative learning type Student Team Achievement Division (STAD) at MTs Negeri 1 Batam City. The type of research used is classroom action research with the research subjects of class VII/3 students totaling 33 students. The instruments used in this study were observation sheets and science test instruments. Technical analysis of research data using qualitative and quantitative descriptive analysis. The results of the analysis of research data show that the application of the STAD type cooperative learning model to the material organization of life, cells, tissues, organs and organ systems can increase the score of learning motivation by 65 to 86, and increase the average score of science learning outcomes from 73 to 83. Thus, STAD cooperative learning can increase learning motivation and science learning outcomes at MTsN 1 Batam. ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) di MTs Negeri 1 Kota Batam.  Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa kelas VII/3 yang berjumlah 33 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan instrumen tes IPA. Teknis analisis data penelitian menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif.  Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada materi organisasi kehidupan, sel, jaringan, organ dan sistem organ dapat meningkatkan skor motivasi belajar sebesar 65 menjadi 86, serta meingkatkan rata-rata skor nilai hasil belajar IPA dari 73 menjadi 83. Dengan demikian, pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar IPA di MTsN 1 Batam.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

science

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal ini berisi artikel hasil pemikiran dan penelitian yang ditulis oleh para guru, dosen, pakar, ilmuwan, praktisi, dan pengkaji dalam semua disiplin ilmu yang berkaitan dengan pendidikan matematika dan ...