Jurnal Kata: Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
Vol 2, No 4 (2014)

IMPLIKATUR PERCAKAPAN WACANA POJOK LAMPUNG POST DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA

Mujiasih Mujiasih (Unknown)
Nurlaksana Eko Rusminto (Unknown)
Iqbal Hilal (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Oct 2014

Abstract

This research was conducted to describe conversational implicature of Pojok Lampung Post newspaper June 2012 edition and this implication toward learning Bahasa Indonesia in senior high school. Research method was descriptive qualitative. Research’s result was conversational implicature of Pojok Lampung Post with nonliteral-direct speech act to criticize common issues; literal-indirect speech act to soften criticism, request, and prohibition towards goverment’s policy for issues that have been clearly revealed; and nonliteral-indirect speech act to criticize political issues that the truth has been revealed to the public and he believes the readers know the facts and have no difficulty in understanding the purpose that he wanted to convey. The result of the research can be implicated to learning Bahasa Indonesia in senior high school as learning material in every language skill.Penelitian ini untuk mendeskripsikan implikatur percakapan pada kolom Pojok Lampung Post edisi Juni 2012 dan implikasinya terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini berupa implikatur percakapan pada Pojok Lampung Post dengan tindak tutur langsung tidak literal untuk mengkritik kebijakan penguasa dalam isu yang bersifat umum; tindak tutur tidak langsung literal untuk memperhalus kecaman, permintaan, dan larangan terhadap kebijakan penguasa yang belum jelas terungkap; dan tindak tutur tidak langsung tidak literal untuk mengkritik isu-isu politik yang kebenarannya telah terungkap kepada publik dan redaktur meyakini pembacanya mengetahui fakta tersebut dan tidak mengalami kesulitan dalam memahami maksud yang hendak ia sampaikan. Hasil penelitian ini dapat diimplikasikan ke dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA sebagai materi pembelajaran dalam setiap keterampilan berbahasa.Kata kunci: implikatur percakapan, pembelajaran bahasa, tindak tutur.

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

BINDO1

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Kata (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya) adalah jurnal yang mempublikasikan hasil penelitian bidang pendidikan bahasa dan sastra, meliputi linguistik teoritis, linguistik terapan, linguistik lintas disiplin, tradisi lisan, filologi, semiotika, sastra murni, sastra terapan, sastra lintas ...