juremi: jurnal riset ekonomi
Vol. 2 No. 1: Juli 2022

PENGARUH TRUST, PRICE DAN SERVICE QUALITY TERHADAP REPURCHASE INTENTION (STUDI KASUS PADA SINAR BAHAGIA SUPERMARKET DI LOMBOK TIMUR)

Rokyal Aini Safitri (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi AMM)
I Made Suardana (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi AMM)
Ulfiyani Asdiansyuri (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi AMM)
Ni Nyoman Yuliati (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi AMM)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2022

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh trust, price dan service quality terhadap repurchase intention pada Sinar Bahagia Supermarket. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian asosiatif-kausal. Teknik analisis dalam penelitian ini Analisis Regresi Linier Berganda digunakan untuk membuat model yang dapat menunjukkan hubungan antara variabel bebas dengan variabel terikat. Dalam penelitian ini terdiri dari 4 variabel yaitu 3 variabel independen (Trust (X1), Price (X2) dan Service Quality (X3)) dan 1 variabel terikat (Repurchase Intention (Y). Hasil penelitian ini yaitu Variabel trust dan price berpengaruh secara positif signifikan terhadap repurchase intention pada Sinar Bahagia Supermarket. Sesuai dengan hasil pada uji t bahwa variabel trust memiliki nilai thitung (4.023) yang lebih besar jika dibandingkan dengan nilai ttabel (2.028) dan nilai signifikannya adalah 0,000 yang lebih kecil dari 0,05. Sama halnya dengan variabel price yang memiliki nilai thitung (2.506) yang lebih besar jika dibandingkan dengan nilai ttabel (2.028) dan nilai signifikannya adalah 0,017 yang lebih kecil dari 0,05. Artinya bahwa semakin tinggi trust dan price maka meningkatkan repurchase intention menjadi semakin tinggi. Begitu juga sebaliknya apabila trust dan price menurun akan berdampak pada penurunan repurchase intention. Berdasarkan uji F dengan hasil bahwa Fhitung (31.634) lebih besar dibandingkan dengan nilai Ftabel (2.866) dengan nilai signifikannya 0,001 yang lebih kecil dari 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa variabel trust, price dan service quality berpengaruh secara simultan terhadap repurchase intention pada Sinar Bahagia Supermarket. Variabel trust merupakan variabel yang paling dominan mempengaruhi repurchase intention pada Sinar Bahagia Supermarket.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Juremi

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Juremi: Jurnal Riset Ekonomi is a research base journal published by Bajang Institute. The journal published six times per year. This journal started publishes since 2021 In the following year of publication, the journal is going to publish trianually. Any interested author could submit the ...