JURNAL PENDIDIKAN IPS
Vol 12 No 1 (2022): JURNAL PENDIDIKAN IPS

Inovasi Pembelajaran IPS Melalui Adobe Animate Creative Cloud

Lilik Purnamawati (Institut Pendidikan Indonesia)
Eldi Mulyana (Institut Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2022

Abstract

Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) adalah salah satu ilmu pengetahuan yang diajarkan dalam pendidikan di Indonesia. Pendidikan dan Pembelajaran IPS memiliki peran yang sangat strategis baik di tinjau dari aspek akademik maupun kepentingan berbangsa dan bernegara. dijelaskan bahwa IPS merupakan kajian yang wajib dimuat dalam kurikulum Pendidikan Dasar dan Menengah yang antara lain mencakup ilmu geografi, sejarah, ekonomi, dan sosiologi yang dimaksudkan untuk mengembangkan pengetahuan, pemahaman, dan kemampuan analisis peserta didik terhadap kondisi sosial masyarakat. Pengamatan dalam kegiatan penelitian difungsikan sebagai salah satu cara untuk membawa keadaan yang nyata kepada peserta didik. Secara tidak langsung sebagai contoh nyata dari ilmu sosial yang sedang dipelajari, menerapkan dengan metode penelitian kuantitatif sehingga dapat diartikan sebagai metode yang digunakan untuk meneliti pada populasi atau sampel tertentu, pengumpulan data menggunakan intrumen penelitian, analisis data bersifat statistik, dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan. hasil yang ditunjukkan dari suatu interaksi tindak belajar dan ditunjukkan dengan nilai tes yang diberikan oleh guru. Untuk mengukur hasil belajar peserta didik mendapatkan pengajaran yang lebih yang efektif perlu adanya inovasi terbaru dengan memanfaatkan perkembangan teknologi slah satunya dengan menggunakan media pembelajaran melalui Adobe Animate Creative Cloud. Media yang menarik dan menyenangkan dapat memberikan manfaat sehingga meningkatnya hasil belajar peserta didik dalam proses belajar. Media pembelajaran juga dapat memperjelas penyajian informasi sehingga dapat memudahkan penyerapan materi pembelajaran kepada peserta didik serta membantu para guru mengembakan pembelajaran yang lebih kreatif dan inovatif

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpi

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan IPS STKIP Taman Siswa Bima adalah jurnal penelitian peer-review, akses terbuka berkualitas tinggi yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Taman Siswa Bima (LPPM STKIP Tamsis Bima). Jurnal ini menyediakan ...