JURNAL PENDIDIKAN IPS
Vol 12 No 1 (2022): JURNAL PENDIDIKAN IPS

Pengaruh Pendekatan Saintifik terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial

Eldi Mulyana (Institut Pendidikan Indonesia Garut)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2022

Abstract

Kemampuan berpikir kritis merupakan kemampuan yang harus dimiliki oleh setiap peserta didik, kemampuan menghubungkan kognitif dengan dunia luar sehingga mampu membuat keputusan, pertimbangan, tindakan, dan keyakinan. Berdasarkan pra-penelitian menunjukan bahwa kemampuan berpikir kritis peserta didik masih rendah. Salah satu pendekatan yang dapat membantu meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik yaitu dengan pendekatan saintifik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendekatan saintifik terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, jenis penelitian ini menggunakan quasy eskperimen, sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Asy-Syarifiyah Garut, tehnik pengambilan sampel menggunakan sample rondom sampling, dimana kelas VII-A merupakan kelas eksperimen dan kelas VII-B merupakan kelas kontrol penelitian dengan materi dinamika penduduk indonesia. Instrumen yang digunakan untuk kemampuan berpikir kritis adalah pilihan ganda. Berdasarkan hasil penelitian dan pengelolaan data menggunakan uji mann whitney diperoleh nilai Sig.0.021 dan α = 0,05 berarti Sig. < α, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan terhadap Kemampuan berpikir kritis peserta didik selama pembelajaran yang diterapkan pada kelas eksperimen yaitu dengan menggunakan pendekatan saintifik (VII-A) lebih berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik dibandingkan dengan peserta didik yang tidak menggunakan pendekatan konvensional.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpi

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan IPS STKIP Taman Siswa Bima adalah jurnal penelitian peer-review, akses terbuka berkualitas tinggi yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Taman Siswa Bima (LPPM STKIP Tamsis Bima). Jurnal ini menyediakan ...