Jurnal Kependidikan
Vol. 2 No. 2 (2018): Jurnal Kependidikan

PENDAMPINGAN TERHADAP GURU SEKOLAH MENENGAH PERTAMA MENGIDENTIFIKASI MASALAH BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA

Sri Sugiarto (Universitas Samawa)
Riadi Suhendra (Universitas Samawa)



Article Info

Publish Date
07 Jun 2022

Abstract

Memperbaiki kualitas hasil belajar siswa merupakan salah satu hal penting yang semestinya dikerjakan oleh guru. Untuk dapat melakukan hal tersebut, guru seharus memiliki kemampuan dan kemauan melakukan identifikasi masalah belajar siswa. Namun, kenyataanya tidak semua guru memiliki kemampuan dan kemauan tersebut. Oleh karena itu, bentuk pengabdian masyarakat berupa pendampingan mengidentifikasi masalah belajar siswa salah satu program yang sangat dibutuhkan oleh guru terutama di SMP Negeri 4 Badas khususnya guru Bahasa Indonesia. Kegiatan ini dilakasanakan pada awal bulan Juli sampai akhir Agustus 2017 Bentuk pendampingan identifikasi kesuliatan yang diterapkan dalam pendampingan dengan tiga hal utama, yaitu identifikasi berdasarkan hasil kerja siswa, identifikasi berdasarkan observasi kelas, dan identifikasi berdasarkan aspirasi siswa. Berdasarkan hasil kegiatan pendampingan, dapat digambarkan kegiatan program ini dapat dikatakan berhasil. Hal ini berdasarkan hasil evaluasi kemampuan guru mencapai 85% terhadap materi dan kemapuan mengidentitifikasi kesuliatan belajar siswa. Selain itu, Adanya respon yang positif dari peserta mengingat kegiatan pengabdian ini merupakan kebutuhan guru dalam rangka peningkatan profesionalitasnya dan meningkat kualitas belajar siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

kependidikan

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Kependidikan adalah jurnal ilmiah yang berisikan informasi dan menyebarluaskan hasil peneltian, studi letaratur, ide-ide atas karya inovatif di bidang pendidikan dan pembelajaran yang mampu memberikan konstribusi positif di bidang pendidikan bagi sekolah maupun perguruan tinggi menjadi fokus ...