Memperbaiki kualitas hasil belajar siswa merupakan salah satu hal penting yang semestinya dikerjakan oleh guru. Untuk dapat melakukan hal tersebut, guru seharus memiliki kemampuan dan kemauan melakukan identifikasi masalah belajar siswa. Namun, kenyataanya tidak semua guru memiliki kemampuan dan kemauan tersebut. Oleh karena itu, bentuk pengabdian masyarakat berupa pendampingan mengidentifikasi masalah belajar siswa salah satu program yang sangat dibutuhkan oleh guru terutama di SMP Negeri 4 Badas khususnya guru Bahasa Indonesia. Kegiatan ini dilakasanakan pada awal bulan Juli sampai akhir Agustus 2017 Bentuk pendampingan identifikasi kesuliatan yang diterapkan dalam pendampingan dengan tiga hal utama, yaitu identifikasi berdasarkan hasil kerja siswa, identifikasi berdasarkan observasi kelas, dan identifikasi berdasarkan aspirasi siswa. Berdasarkan hasil kegiatan pendampingan, dapat digambarkan kegiatan program ini dapat dikatakan berhasil. Hal ini berdasarkan hasil evaluasi kemampuan guru mencapai 85% terhadap materi dan kemapuan mengidentitifikasi kesuliatan belajar siswa. Selain itu, Adanya respon yang positif dari peserta mengingat kegiatan pengabdian ini merupakan kebutuhan guru dalam rangka peningkatan profesionalitasnya dan meningkat kualitas belajar siswa.
Copyrights © 2022