Mejuajua
Vol. 1 No. 3 (2022): April 2022

Pelatihan Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Bagi Guru – Guru SD Taman Cahaya Pematang Siantar

Edi Suprayetno (STKIP Al Maksum)
Eduard (Universitas Quality Medan)
Abdi Sugiarto (Universitas Tjut Nyak Dhien)
Kurniawan Sinaga (Universitas Pembangunan Panca Budi)
Heryanto (Universitas Quality Medan)



Article Info

Publish Date
27 Apr 2022

Abstract

Model pembelajaran kooperatif merupakan salah satu model pembelajaran yang dapat dijadikan pilihan pilihan bagi pendidik dari mulai jenjang pendidikan dasar sampai pendidikan tinggi karena dianggap dapat mendukung pembelajaran kontekstual yang menarik dan kreatif. Pelatihan Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan para guru SD Taman Cahaya Siantar dalam mendisain dan mempersiapkan proses pembelajaran yang kreatif, menarik dan berpusat pada siswa. Kegiatan pengabdian ini menggunakan metode pelatihan yang dibagi menjadi tiga bagian kegiatan yaitu eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi. Hasil kegiatan pelatihan ini dapat meningkatkan kemampuan guru dalam mempersiapkan proses pembelajaran secara kreatif. Selain itu juga antusias dan minat peserta dalam kegiatan ini sangat tinggi terlihat dari hasil angket tanggapan mitra diperoleh 80% dari seluruh jumlah peserta sangat setuju dan tertarik untuk dilibatkan kembali pada kegiatan yang sama dimasa mendatang. Diharapkan kepada mitra untuk dapat secara berkesinambungan melaksanakan pelatihan – pelatihan peningkatan kualitas pengajaran guru untuk peningkatan kualitas hasil belajar siswa. Kata Kunci : Pelatihan, Model Pembelajaran Kooperatif, SD Taman Cahaya

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

mejuajua

Publisher

Subject

Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Public Health Other

Description

Health, welfare based on local wisdom, design and application of appropriate technology, the application of effective communication and learning methods and related ...