Cendana Medical Journal
Vol 10 No 1 (2022): April (Number Issue 23, Year 2022)

KORELASI KEEFEKTIFAN DISKUSI TUTORIAL DAN KINERJA TUTOR TERHADAP NILAI UJIAN BLOK PADA MAHASISWA PREKLINIK FK UNIVERTAS NUSA CENDANA

Dewi Fadhilah Sari (Universitas Nusa Cendana)
Rr. Listyawati Nurina (Universitas Nusa Cendana)
Nicholas Edwin Handoyo (Universitas Nusa Cendana)



Article Info

Publish Date
01 May 2022

Abstract

Kurikulum FK UNDANA, mengacu pada SN-DIKTI Tahun 2015 dan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Capaian pembelajaran setiap blok dapat dicapai melalui strategi pembelajaran yang mengacu pada penerapan prinsip Student centered, Problem based, Integrated, Community based, Elective, and Sistematic. Salah satu metode pembelajaran yang menerapkan prinsip problem-based learning (PBL) adalah tutorial, dalam tutorial terdapat seorang tutor yang mengarahkan jalannya suatu diskusi tutorial. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui korelasi keefektifan diskusi tutorial dan kinerja tutor terhadap nilai ujian blok pada mahasiswa preklinik FK UNDANA. Metode penelitian adalah analitikal observasional dengan rancangan cross sectional menggunakan kuesioner google form. Jumlah sampel 225 responden dari semester 3, 5, dan 7 yang memenuhi kriteria inklusi. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling. Analisis data secara univariat dan bivariat menggunakan uji korelasi Spearman pada α=0,05. Hasil penelitian rata-rata keefektifan diskusi tutorial sebesar 3,49, lalu rata- rata kinerja tutor sebesar 4,22, serta rata-rata nilai ujian blok pada 3 blok adalah sebesar 73,39. Ada hubungan bermakna dari keefektifan diskusi tutorial dan nilai ujian blok, tidak ada hubungan bermakna dari kinerja tutor dan nilai ujian blok. Kesimpulan penelitian ini, ada hubungan yang bermakna (p=0,015) antara keefektifan diskusi tutorial dengan nilai ujian blok pada mahasiswa preklinik FK UNDANA. Tidak ada hubungan yang bermakna (p=0,078) antara kinerja tutor dengan nilai ujian blok pada mahasiswa preklinik FK UNDANA.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

CMJ

Publisher

Subject

Health Professions Medicine & Pharmacology Public Health

Description

Cendana Medical Journal (CMJ) menerima naskah dari sarjana, mahasiswa pascasarjana, residen, doktor program internship, staf fakultas kedokteran, staf rumah sakit dan pihak-pihak yang tertarik untuk menulis karya ilmiah. Artikel ilmiah yang diposting di CMJ meliputi: editorial, artikel penelitian, ...