Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan pola asuh orang tua di TK Kosgoro Nupabomba, Kec.Tanantovea, Kab. Donggala dalam mengembangkan sikap kemandirian anak dan bagaimana upaya pola asuh orang tua dalam mengembangkan sikap kemandirian anak. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriftif kualitatif, teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dengan cara pengumpulan data, reduksi data, display data dan pengambilan data. Agar yang diperoleh terjamin validitas dan kredibilitasnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pola asuh dalam menerapkan sikap kemandirian anak yang diterapkan di TK Kosgoro Nupabomba yaitu pola asuh demokratis, pola asuh otoriter dan pola asuh permisif. Untuk menerapkan sikap kemandirian pada anak, pihak sekolah membuat peraturan yang dapat disepakati oleh guru dan orang tua dan ditaati oleh anak dengan cara membuat peraturan seperti masuk kelas tepat waktu, menggunakan seragam sesuai waktunya, anak dapat menyimpan kembali permainan pada tempatnya, anak dapat membuang sampah pada tempatnya, merapikan tempat bekal. keperluannya, melihat keperluan yang akan dia lakukan agar anak tersebut tidak manja.
Copyrights © 2022