Indonesian Community Journal
Vol 2 No 2 (2022): I-Com: Indonesian Community Journal (Agustus 2022)

Pemanfaatan Platform Edpuzzle dalam Pembelajaran Matematika

Eka Grana Aristyana Dewi (STMIK Primakara)
A. A. Istri Ita Paramitha (STMIK Primakara)
I Gst. Agung Pramesti Dwi Putri (STMIK Primakara)
Farikha Dwi Nur Qossina Januar (STMIK Primakara)



Article Info

Publish Date
15 Jun 2022

Abstract

Pendidikan saat ini mengalami perubahan dari pembelajaran dalam kelas menjadi pembelajaran daring ataupun bauran yang disebabkan oleh pandemi Covid-19. Ini merupakan tantangan bagi pendidik dan calon pendidik untuk mendesain pembelajaran yang efektif. Salah satu media pembelajaran yang sering digunakan dalam pembelajaran daring dan bauran adalah video. Namun, penyampaian materi dengan video ini mengalami kendala dalam memonitoring kegiatan siswa dan mengetahui pemahaman siswa. Hal ini yang dialami oleh mahasiswa Program Studi Matematika Universitas PGRI Mahadewa Indonesia saat memberikan video sebagai materi pembelajaran. Untuk membantu mengatasi hal tersebut, maka dilaksanakan pelatihan dalam mendesain pembelajaran menggunakan video yang diintegrasikan dalam platform Edpuzzle. Para calon guru ini dilatih menggunakan Edpuzzle untuk membuat catatan dan kuis dalam video, memberikan umpan balik dan penilaian, dan memonitoring kegiatan pembelajaran. Dengan pelatihan ini, diharapkan para calon guru dapat mendesain pembelajaran daring ataupun bauran dengan menggunakan video yang interaktif. 

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

i-com

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Environmental Science Public Health Social Sciences Other

Description

I-Com: Indonesian Community Journal, merupakan jurnal yang menerbitkan artikel hasil kegiatan pengabdian masyarakat. Jurnal ini diterbitkan oleh Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Islam Raden Rahmat yang bertujuan untuk mempublikasikan berbagai hasil kegiatan pengabdian dan pemberdayaan ...