Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar
Vol 9 No 2 (2022): Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar

Penerapan Project Based Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Matematika Diskrit

Rafiantika Megahnia Prihandini (Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Jember, Jember, Indonesia)
Robiatul Adawiyah (Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Jember, Jember, Indonesia)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa dalam mata kuliah matematika diskrit melalui model project based learning. Objek penelitian ini adalah mahasiswa semester 4 program studi pendidikan matematika FKIP Universitas Jember. Metode penelitian merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Sedangkan tes dipilih sebagai teknik penelitian yang kemudian dianalisis dengan bantuan software SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum tindakan terdapat 9 orang mahasiswa dengan persentase 28% yang memenuhi standar minimal kelulusan. Setelah dilakukan tindakan, terdapat peningkatan hasil belajar mahasiswa yaitu dari 22 orang dengan persentase 69% menjadi 30 orang dengan persentase 94%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model project based learning dapat membantu dalam proses peningkatan hasil belajar mahasiswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIPSD

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education

Description

Fokus dan scope Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar (JIPSD) meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pendidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi ...