Ilmu Komputer untuk Masyarakat
Vol 3, No 1 (2022)

Workshop Daring Sainstometrik Mapping Research dalam Menentukan Indikator Clustering dan Visualisasi Bibliometrics (Tittle : Internet of Things)

Nizirwan Anwar (Esa Unggul University)
Panji Kuncoro Hadi (Universitas PGRI)
Erry Yudhya Mulyani (Esa Unggul University)
Dwi Rohman Soleh (Universitas PGRI)
Ummanah Ummanah (Esa Unggul University)
Dwi Setiyadi (Universitas PGRI)
Sularso Budilaksono (Universitas Persada Indonesia YAI)
Ratnawati Susanto (Esa Unggul University)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2022

Abstract

Scientometrics adalah studi tentang pengukuran dan analisis ilmu pengetahuan, teknologi dan inovasi berdasarkan topik kajian/penelitian, yang dapat menentukan pengukuran impact terhadap serangkaian sumber referensi serta pemahaman lansiran dari karya ilmiah (published). Dalam mencari solusi dari permasalahan ini dapat menggunakan perangkat lunak berbasis bibliometric, yaitu Publish of Perish (source metadata) CrossRef, Scopus - dan Dimensions. Langkah berikutnya dibutuhkan visualisasi mapping research diperlukan VOSviewer yang beroperasi secara daring sehingga diperoleh clustering berdasarkan bibliography dan textdata. Dengan menggabungkan hasil pengumpulan data publikasi dari ketiga metadata tersebut dihasilkan knowledge area kajian bibliography (metode fractional = 37 clustering dan metode full = 32) dan textdata (metode binary = 8 clustering dan metode full = 9) pada periode tahun 2017 2019 dengan sample kajian Internet of Things pada 98 Negara. Negara Indonesia menempati rangking 56, dengan pendekatan metode fractional (document = 79, citatons = 456 dan strength link = 36) dan untuk metode full (document = 79, citatons = 456 dan strength link = 50), negara yang menempati rangking 1 dipegang oleh United State of America.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ILKOMAS

Publisher

Subject

Computer Science & IT Other

Description

Ilmu Komputer Untuk Masyarakat merupakan hasil publikasi kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat mencakup model, konsep, pelatihan dan implementasi terkait penerapan Teknologi Informasi, pada bidang : - Pendidikan - Kesehatan - Pertanian dan Perkebunan - Pemerintahan - Kewirausahaan - Keagamaan - ...