Edusentris: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran
Vol 2, No 1 (2015): Maret

PERBANDINGAN INDEKS KETIDAKWAJARAN SKOR METODE SHL DAN METODE DONLON-FISHER PADA TES HASIL BELAJAR MATEMATIKA

Suciati Rahayu Widyastuti (Universitas Nahdatul Ulama Cirebon)



Article Info

Publish Date
26 Mar 2015

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan indeks ketidakwajaran skor menggunakan metode SHL (Sato-Harnisch-Linn) dan metode Donlon-Fisher pada tes hasil belajar matematika SMP kelas VII. Metode penelitian kausal komparatif. Subjek penelitian ini adalah skor peserta tes, sedangkan peserta tes merupakan responden penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh skor peserta tes kelas VII di suatu SMP Negeri Bandung sebanyak 342 skor. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 202 skor peserta tes kelas VII. Penetapan sampel dilakukan menggunakan teknik cluster random sampling atau teknik memilih sampel secara acak dan berdasarkan kelompok atau kelas. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes yang dibuat oleh peneliti sendiri. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar matematika di SMP. Analisis data menggunakan uji Wilcoxon untuk uji perbedaan dua rata-rata sampel yang berpasangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan indeks ketidakwajaran skor menggunakan metode SHL dan metode Donlon-Fisher pada tes hasil belajar matematika SMP kelas VII.Kata kunci: Indeks Ketidakwajaran skor, metode SHL, dan metode Donlon-Fisher.ABSTRACTThe purpose of this research is to know the comparison of inappropriate score Index using the SHL methods (Sato-Harnisch-Linn methods) and Donlon-Fisher methods on mathematics achievement test at Junior High School. This is a comparative causal research. The subjects of the research were participants test scores, while a test participant survey respondents. The population in this study were all participants’ scores on a test of class VII Junior High School Bandung as many as 342 scores. The samples in this study were 202 VII grade test scores of participants. Sampling technique for this research using random cluster sampling technique. Data collection techniques using test. The research instrument is math achievement test Junior High School. Analysis of the data using the Wilcoxon test to test the average difference of two paired samples.The result showed that there are not differences of the inappropriate score index using SHL methods Donlon-Fisher methods on mathematics achievement test at Junior High School.Keywords: The inappropriate score index, SHL method, and Donlon-Fisher method.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

edusentris

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Edusentris, the Journal of Teaching and Education Studies, is published by Center for Development and Publication of Scientific Work, School of Postgraduate Studies, Universitas Pendidikan Indonesia, on March, July and December. It aims to stimulate research, encourage academic exchange, and enhance ...