Empowerment Society
Vol 1 No 02 (2018): Agustus

Peningkatan Kuantitas dan Kualitas Produk Keripik Talas dan Singkong pada Kelompok Industri Rumah Tangga Melalui Program Kemitraan Masyarakat (PKM)

Hena Dian Ayu (Universitas Kanjuruan Malang)
Wignyo Winarko (Universitas Kanjuruan Malang)
Akhmad Jufriadi (Universitas Kanjuruan Malang)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2018

Abstract

Tujuan pengabdian ini adalah untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi kripik umbi singkong dan umbi talas melalui alih tekhnologi dan pelatihan management produksi hingga pemasaran. Metode yang digunakan untuk mencapai tujuan tersebut adalah dengan menggunakan demostrasi, ploting dan evaluasi ketercapain Program Kemitraan Masyarakat (PKM) kepada mitra yaitu kelompok industri rumah tangga. Hasil dari pengabdian ini menunjukkan bahwa alih tekhnologi berupa penggunaan perajang otomatis mampu menghemat tenaga, waktu dan selisih umbi rajang yang dihasilkan yaitu 35 kg/jam. Penggunaan spinner peniris minyak mampu meniriskan tiga kali lipat dibanding menggunakan peniris tradisional. Secara umum dapat disimpulkan bahwa program pengabdian ini mampu meningkatkan kuantitas dan kualitas produksi keripik, sehingga omset mitra pengabdian dapat meningkat.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

eps

Publisher

Subject

Humanities Social Sciences

Description

Empowerment Society published twice a year in February and August, published by LPPM Institut Teknologi dan Bisnis Widya Gama Lumajang since February 2018. Empowerment Society is intended as a forum for publishing scientific articles in the field of community development and ...