Jurnal STEI Ekonomi
Vol 31 No 01 (2022): [Jurnal STEI Ekonomi - JEMI] Vol. 31 No. 01 (Juni 2022)

Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening

Imelda Aprileny (Sekolah Tinggi ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta)
Devy Kartika Rizki (Sekolah Tinggi ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta)
Jayanti Apri Emarawati (Universitas Persada Indonesia Jakarta)



Article Info

Publish Date
19 Jul 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh bauran pemasaran terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening dengan studi kasus pengguna Make Over Cosmetics di Mall Metropolitan Bekasi. Bauran pemasaran terdiri dari empat variabel: (1) produk, (2) harga, (3) lokasi/saluran distribusi, (4) promosi. Penelitian ini menggunakan strategi penelitian asosiatif yang diukur dengan menggunakan metoda analisis jalur dengan SPSS 24.00. Populasi dari penelitian ini adalah pengguna/konsumen Make Over Cosmetics di Mall Metropolitan Bekasi, dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan studi lapangan dengan menyebarkan kuesioner. Dalam penelitian ditemukan bahwa produk, lokasi/saluran distribusi, promosi secara langsung memberikan pengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Kepuasan pelanggan memberikan pengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Produk secara tidak langsung memberikan pengaruh terhadap loyalitas pelanggan. Promosi secara tidak langsung memberikan pengaruh terhadap loyalitas pelanggan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JEMI

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal STEI Ekonomi has been published by the Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta. JEMI published two times a year in June and December. Jurnal STEI Ekonomi (JEMI) focuses on issues pertaining empirical investigation on Indonesian economics, accounting and management. JEMI aimed to tie ...