Dalam menghadapi perkembangan zaman, setidaknya ada empat kompetensi yang harus dimiliki guru di era pendidikan, yaitu kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional, dan kompetensi sosial. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan pendidikan profesi guru pada jurusan pendidikan matematika Universitas Almuslim (Umuslim). Jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Pendekatan ini dipilih dengan pertimbangan ingin memperoleh ukuran penilaian peserta program studi pendidikan matematika Umuslim terhadap pelaksanaan Program Pendidikan Profesi Guru di Umuslim. Pelaksanaan penelitian diawali dengan penyebaran kuisioner kemudian dilakukan wawancara. Kuesioner terdiri dari kuesioner tertutup dan kuesioner terbuka. Aspek penelitian meliputi: 1) penyampaian materi kuliah secara lengkap dan mendalam; 2) kuliah memberikan materi yang tidak hanya konseptual tetapi lebih kontekstual; 3) perkuliahan membahas penerapan pembelajaran inovatif; dan 4) ceramah membahas peningkatan pembelajaran yang berorientasi pada pengembangan potensi siswa. Wawancara dilakukan kepada lima orang subjek yangg telah dipilih. Berdasarkan hasil angket dan wawancara, Program Pendidikan Profesi Guru sangat memberikan manfaat bagi siswa
Copyrights © 2022