ABSTRAKKeterbatasan diksi menjadikan hambatan bagi peserta didik dalam menulis puisi. Dalam masalah ini, penulis menggunakan metode deskriptif. Yaitu penenelitian yang menjelaskan suatu masalah yang ada saat ini dan bertujuan untuk mencari solusinya. Saat ini sudah banyak sekolah yang menggunakan Kurikulum Merdeka. Guru harus menemukan strategi yang tepat digunakan dalam pembelajaran dan sesuai dengan tuntutan kurikulum Merdeka Belajar. Strategi yang tepat dan dapat dimanfaatkan oleh guru dalam situasi ini adalah menggunakan strategi kata bersambung dan tidak bersambung. Strategi tersebut bertujuan agar peserta didik memiliki semakin banyak diksi untuk dijadikan bahan menulis puisi. Strategi ini juga sudah sesuai dengan kurikulum Merdeka Belajar karena peserta didik dituntut untuk menyelesaikan masalah sendiri. Dalam penggunaan strategi ini, dibarengi dengan metode pembelajaran project basic learning. Yaitu metode yang tepat digunakan dalam tuntutan kurikulum Merdeka Belajar. Kata Kunci: diksi, bersambung, tidak bersambung, strategi, metode.
Copyrights © 2022