Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis Indonesia
Vol 2 No 2 (2022): Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis Indonesia

PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA, LOKASI, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN MELALUI KEPUASAN KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (PADA BENTO KOPI)

Sri Juniarti (Unknown)
Lukia Zuraida (Unknown)
Suci Utami Wikaningtyas (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, harga, lokasi, dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen, mengetahui pengaruh kepuasan konsumen terhadap loyalitas konsumen, serta mengetahui pengaruh kualitas produk, harga, lokasi, dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas konsumen melalui kepuasan konsumen sebagai variabel intervening. Populasi pada penelitian ini yaitu konsumen Bento Kopi UAD yang pernah berkunjung minimal 1 kali. Teknik pengambilan sampel yang digunakan merupakan teknik non-probability yaitu teknik purposive sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Metode analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu analisis jalur dengan bantuan program olah data SPSS versi 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui hasil analisis jalur diketahui terdapat satu variabel yang berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen yaitu kualitas produk. Sedangkan variabel yang tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen yaitu harga, lokasi, dan kualitas pelayanan. Serta, terdapat pengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen yaitu kepuasan konsumen. Selanjutnya, berdasarkan hasil uji sobel diperoleh hasil bahwa variabel yang berpengaruh terhadap loyalitas konsumen melalui kepuasan konsumen sebagai variabel intervening yaitu kualitas produk, sedangkan variabel yang tidak berpengaruh terhadap loyalitas konsumen melalui kepuasan konsumen sebagai variabel intervening yaitu harga, lokasi, dan kualitas pelayanan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jrabi

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis Indonesia adalah jurnal peer review yang diterbitkan empat kali setahun (Maret, Juni, September and Desember) oleh Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha. JRABI membahas bidang ilmu akuntansi dan manajemen yang luas dan aplikasinya dalam industri dan bisnis. Hal ...