Praniti Jurnal Pendidikan, Bahasa, dan Sastra
Vol 2, No 1 (2022)

PENGARUH PEMBELAJARAN DARING MENGGUNAKAN GOOGLE CLASSROOM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV DI SDN REJOSARI 03 SEMARANG

Nur Azimatul Khusnah (Unknown)
Henry Januar Saputra (Unknown)
Singgih Adhi Prasetyo (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jan 2022

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah dimasa pandemi guru belum menggunakan aplikasi yang mampu berinteraksi langsung dengan siswa, sehingga siswa kurang paham akan materi yang diberikan guru saat pembelajaran dan menyebabkan nilai siswa dibawah Ketuntasan Kriteria Maksimum Belajar(KKM).Tujuan penelitian ini untuk mengetahui berapa besar pengaruh pembelajaran daring menggunakan Google Classroom terhadap hasil belajar siswa. Pemilihan Metode yang digunakan desain one grup pretest-posttest design dengan Populasi penelitian siswa kelas IVA SDN Rejosari 03 Semarang. Data yang diperoleh melalui test (pretest dan postest), wawancara dan documentasi. Diperoleh nilai pretest rata-rata 61 dan nilai rata-rata posttest 80. Uji t Pretest-postest dilakukan untuk mengetahui adanya peningkatan pada hasil belajar peserta didik. Berdasarkan hasil analisis data pada hasil belajar pretest dan posttest dengan uji-t bahwa diperoleh thitung = 6,035 > ttabel = 2,0129 dengan taraf signifikan sebesar 5%. maka Ha diterima dan Ho ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada hubungan Pengaruh Google Classroom Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV di SDN Rejosari 03 Semarang.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

praniti

Publisher

Subject

Education

Description

PRANITI: Jurnal Pendidikan, Bahasa, dan Sastra is a journal of education, language, and literature published by Department of English Literature, Faculty of Economics, Law, and Humanities, Universitas Ngudi Waluyo. Praniti is published four times annually in January, April, July, and October. We ...