Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran
Vol. 5 No. 2 (2022): Juli

Instrumen Penilaian Sikap Spiritual dan Sikap Sosial Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Tema Indahnya Keberagaman di Negeriku

Sanjaya Putra, I Gede (Unknown)
Renda, Ndara Tanggu (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jul 2022

Abstract

Guru kesulitan dalam mengembangkan penilaian sikap spiritual dan sikap sosial yang valid dan reliabel. Hal ini menyebabkan penilaian afektif pada ranah sikap spiritual dan sosial siswa masih kurang valid. Tujuan penelitian ini yaitu menciptakan instrumen penilaian sikap spiritual dan sikap sosial. Jenis penelitian ini yaitu pengembangan dengan model RDR. Uji coba produk melibatkan 4 ahli dan guru. Subjek uji coba instrument terdiri dari 48 siswa. Pengumpulan data yang digunakan adalah metode non tes. Instrument yang digunakan yaitu kuesioner. Teknik mengalisis data yaitu deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian yaitu analisis perhitungan validitas isi hasil sebesar 1,00 (validitas sangat tinggi). Hasil analisis perhitungan reliabilitas dengan menggunakan rumus Percentage Of Agreement mendapatkan hasil sebesar 1,00 sehingga reliabel. Hasil analisis perhitungan keseluruhan rata-rata respon siswa sebesar 92% dengan kategori sangat baik. Sementara itu untuk instrumen penilaian sikap sosial mendapatkan hasil sebesar 92% (sangat baik). Disimpulkan bahwa isntrumen penilaian sikap spiritual dan sikap sosial valid dan reliabel sehingga layak digunakan. Implikasi penelitian ini yaitu instrumen dapat digunakan oleh guru dalam mengukur  sikap spiritual dan sosial pada siswa sekolah dasar secara praktis dan valid.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JP2

Publisher

Subject

Education Other

Description

JURNAL PEDAGOGI DAN PEMBELAJARAN aims at becoming the publication center of education researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational technology, and educational ...