SIMBIOSA
Vol 11, No 1 (2022): JURNAL SIMBIOSA

Struktur Sekretori Aglaonema simplex sebagai Tumbuhan Obat

Evi Muliyah (Program Studi Tadris Biologi, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta)
Yohana Caecilia Sulistyaningsih (Program Studi Biologi, IPB University)



Article Info

Publish Date
25 Jul 2022

Abstract

Aglaonema simplex (Selimpot pati) merupakan suku Araceae yang digunakan untuk pengobatan tradisional. Batang dan akar tumbuhan A. simplex dimanfaatkan oleh Suku Anak Dalam di Provinsi Jambi, Indonesia, untuk mengobati gejala diare. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi struktur sekretori batang dan akar A. simplex. Studi histologi struktur sekretori batang dan akar A. simplex telah dilakukan. Spesies ini memiliki struktur sekretori berupa sel idioblas. Sel idioblas pada akar tersebar di korteks. Pada batang, sel idioblasnya tersebar pada epidermis, korteks, dan empulur. Sel idioblas pada A. simplex memiliki bentuk silindris. Ukuran sel idioblas terbesar ditemukan pada bagian empulur batang. Kerapatan sel idioblas tertinggi ditemukan pada epidermis batang. 

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

simbiosajournal

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education

Description

ehadiran jurnal SIMBIOSA sangat diharapkan untuk meningkatkan publikasi ilmiah pada bidang pembelajaran Biologi dan Sains. Fokus dan cakupan SIMBIOSA secara deteil sebagai berikur: Pendidikan Biologi, mencakup : pembelajaran Biologi untuk sekolah menengah, dan perguruan tinggi; teknologi ...