Management and Accounting Expose
Vol 5, No 1 (2022)

STRATEGI KRISIS DAN MANAJEMEN KRISIS DALAM MENGHADAPI DAMPAK PANDEMI COVID-19 DENGAN PENDEKATAN 4CS (CAUSES, CONSEQUENCES, CAUTION, COPING)

Ria Lestari ((Scopus ID: 57194493829) Universitas Sahid, Jakarta)
Levyda Levyda (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini mengulas pengalaman perusahaan catering dalam menghadapi kirisis sebagai dampak pandemi Covid-19.  Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Narasumber penelitian ini adalah manajer perusahaan. Data dianalisis dengan menggunakan pendekatan 4 Cs yaitu causes, consequences, caution, dan coping. Berdasarkan wawancara mendalam, penyebab krisis di perusahaan adalah penurunan permintaan pada segmen pasar utama dan konsekuensi yang ditimbulkan adalah terganggunya cashflow perusahaan. Untuk bertahan, perusahaan memilih masuk ke segmen pasar baru dengan menggunakan sumberdaya yang sudah ada. Perusahan mengalami berbagai tantangan karena segmen food retail merupakan pengalaman baru. Hasil penjualan dari segmen food retail pada beberapa kantor cabang, cukup beragam. Penelitian ini menghasilkan kerangka strategi krisis dan manajemen krisis. 

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

accounting

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Management and Accounting Expose is an electronic national journal focuses on study of management and accounting. Topics published in this journal may pay attention, but are not limited to: Management, including marketing management, human resource management, financial management, and strategic ...