Jurnal Teknologi dan Komputer (JTEK)
Vol 1 No 02 (2022): Juni

Prototype Lemari Pengering Pakaian Dengan Suhu Panas Berbasis Arduino Uno

Syarifuddin Baco (Universitas Islam Makassar)
Nur Alamsyah (Universitas Islam Makassar)
Fitri Maulani Arif (Universitas Islam Makassar)
Suci Armida (Universitas Islam Makassar)



Article Info

Publish Date
21 Jul 2022

Abstract

Perubahan cuaca yang tidak menentu menyebabkan hujan turun terus menerus, sehingga pakaian sudah di cuci akan lama kering dan lembab. Proses dilakukan di tempat udara terbuka serta memerlukan ruang yang cukup besar. Tujuan penelitian ini merancang alat prototype lemari pengering pakaian yang bisa mengeringkan pakaian dan mengetahui tingkat kekeringan pakaian secara otomatis. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development dimana proses mengembangkan sistem alat pengering pakaian yang sebelumnya menggunakan lampu kini disempurnakan dengan menggunakan hair dryer yaitu kawat nikelin dan blower AC. Hasil pengujian sistem alat diawali dengan waktu diatur oleh timer arduino dan suhu diatur oleh sensor DHT-11. Alat akan berhenti bekerja sampai batas suhu yang ditetapkan dan menyala kembali setelah turun hingga 3 derajat celcius. Sistem pengeringan memiliki 3 kategori pengeringan yaitu pertama waktu 30 menit dengan suhu 46 derajat celcius dengan berbahan diamond, kedua waktu 56 menit dengan suhu 50 derajat celcius dengan berbahan wolfis dan yang ketiga waktu 60 menit dengan suhu 50 derajat celcius dengan berbahan polycotton. Kesimpulan alat yang dipasangkan pada hair dryer yaitu kawat nikelin dan blower ac, tingkat keakuratan 90% dan dapat beroperasi dengan sangat baik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jtek

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Ruang lingkup penelitian yang berhubungan dengan teknik informatika, komputer, sistem informasi : 1. Rekayasa perangkat lunak 2. Keamanan informasi 3. Sistem pakar 4. Aplikasi android 5. Sistem informasi berbasis web 6. Robotika 7. Big Data 8. Kecerdasan Buatan 9. IOT (Internet of Things) 10. ...