Jurnal Akuntansi Manajerial (Managerial Accounting Journal)
Vol 3, No 1 (2018): JURNAL AKUNTANSI MANAJERIAL, ISSN (E): 2502-6704

PENGARUH ORIENTASI PROFESIONAL TERHADAP KONFLIK PERAN DENGAN PARTISIPASI PENYUSUNAN ANGGARAN DAN ORIENTASI TUJUAN SISTEM SEBAGAI VARIABEL MODERATING (STUDI EMPIRIS PADA UNIVERSITAS HKBP NOMMENSEN)

Ardin Dolok Saribu (Dosen Tetap Fakultas Ekonomi Universitas HKBP Nommensen Medan)



Article Info

Publish Date
19 Oct 2018

Abstract

Profesional yang bekerja pada lembaga Perguruan Tinggi bila menduduki jabatan struktural, maka dosen tersebut akan memiliki jabatan ganda. Sebagai dosen dia harus berorientasi dengan nilai-nilai profesinya yang disebut orientasi profesional dan sebagai seorang manajer, dalam hal ini harus memperhatikan efisiensi dan pencapaian tujuan organisasi yang disebut orientasi tujuan sistem. Penelitian ini menguji pengaruh partisipasi penyusunan anggaran dan orientasi tujuan sistem sebagai variable moderating terhadap pengaruh orientasi profesional  terhadap konflik peran. Populasi dalam penelitian ini adalah dekan, wakil dekan II, kepala program studi, sekretaris program studi, ketua lembaga, dan kepala biro. Sampel penlitian ini dikumpulkan dengan secara langsung memberikan kuesioner kepada yang bersangkutan atau melalui Pimpinan Fakultas. Dari 74 kuesioner yang diberikan, hanyak 40 yang kembali dan dapat digunakan untuk menguji hipotesis. Teknik analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah regresi berganda dengan alat uji variable moderating adalah uji regresi  residual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orientasi tujuan sistem yang tinggi berpengaruh negative terhadap konflik peran. Variable partisipasi penyusunan anggaran dapat memperkuat pengaruh orientasi tujuan sistem terhadap konflik peran sedangkan orientasi tujuan sistem tidak dapat memperkuat pengaruh orientasi profesional terhadap konflik peran.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JAM

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

Journal of Managerial Accounting is the official journal for scientific publications, which contains articles on research results, studies, and thoughts on Management and Behavioral Accounting, Financial Accounting and Capital Markets, Public Sector Accounting, Accounting Information Systems, ...