Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini yaitu; Apakah melalui model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran Pkn. Berdasarkan permasalahan tersebut maka tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini yaitu untuk meningkatkan aktivitas belajar dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) pada pembelajaran PKn dikelas IV SDN 07 Tapa, Kabupaten Bone Bolango. Hasil Penelitian menujukkan bahwa Pada penelitian ini, peneliti dibantu oleh guru wali kelas IV atas nama ibu Hastuti Maliku, S.Pd yang memberikan penilaian kepada peneliti saat melaksanakan proses pembelajaran. Sementara untuk penilaian kepada siswa pada saat proses pembelajaran, dilakukan oleh peneliti sendiri. Pelaksanaan penelitian dilakukan dalam bentuk siklus. Penelitian ini diawali dengan observasi awal terhadap subyek penelitian untuk mengumpulkan data yang akan dirumuskan pada rumusan masalah penelitian. Data observasi awal mengenai pembelajaran PKn yang dilaksanakan pada tahun ajaran 2018/2019 diperoleh data bahwa tingkat aktivitas belajar kurang dari 50% atau sebesar 23.07%. Guru seharusnya tidak melakukan pengajaran hanya dengan model pembelajaran yang monoton atau hanya menggunakan model ceramah. Untuk memicu keaktifan siswa pada proses pembelajaran, guru harus mampu menerapkan model pembelajaran yang bervariasi, sehingga siswa akan lebih antusias belajar dan aktivitas belajar siswa dapat meningkat. Adapun bagi Siswa disarankan lebih aktif selama proses pembelajaran berlangsung sehingga dapat meningkatkan aktivitas belajar melalui model pembelajaran NHT.
Copyrights © 2022