Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbandingan motivasi belajar kimia pada saat pembelajaran tatap muka dengan pembelajaran jarak jauh di SMA Negeri 1 Pangkalan. Populasi penelitian ini adalah peserta didik Kelas XII MIPA SMA Negeri 1 Pangkalan tahun ajaran 2020/2021 sebanyak 77 peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket (kuisioner) dan obsecrvasi. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan teknik deskriptif komparatif dan analisis Mann Whitney U. Berdasarkan perhitungan dengan menggunakan Mann Whitney U diperoleh nilai signifikan > 0,05 sehingga terdapat perbedaan motivasi belajar kimia yang signifikan antara pembelajaran jarak jauh dengan pembelajaran tatap muka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik apabila sudah memiliki motivasi yang datangnya dari dalam atau disebut motivasi instrinsik maka bagaimanapun bentuk pembelajarannya baik pembelajaran jarak jauh maupun pembelajaran tatap muka peserta didik akan memiliki motivasi yang tinggi terhadap pembelajaran kimia. Sedangkan apabila motivasi itu datangnya dari luar seperti variasi pembelajaran, model – model cara pemecahan masalah peserta didik lebih termotivasi jika berada di dalam kelas dengan harapan saat pembelajaran tatap muka peserta didik saling membutuhkan teman – temannya dan guru.
Copyrights © 2021