SITTAH: Journal of Primary Education
Vol. 2 No. 1 (2021): SITTAH: Journal of Primary Education

PENGARUH PENERAPAN MODEL IOC BERASOSIASI PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV DALAM ASPEK KOGNITIF

Irwanto Irwanto (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Djuanda Bogor, Indonesia)
Syamsuddin Ali Nasution (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Djuanda Bogor, Indonesia)
Afridha Sesrita (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Djuanda Bogor, Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2021

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) berasosiasi pendekatan kontekstual terhadap prestasi belajar peserta didik. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian semu (quasi experimental design). Hasil akhir penelitian ini menunjukan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model IOC pada kelas eksperimen diperoleh data skor maksimum yaitu 100 dan skor minimum yaitu 60 dengan jumah rata-rata skor sebesar 83,21. Skor paling tinggi yang diperoleh pada kelas kontrol sebesarĀ  90, diperoleh skor minimum yakni 25 dengan skor rata-rata 62,32. Terdapat kenaikan persentase rata-rata prestasi belajar peserta didik sebesar 37,30%. Hasil kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Hasil akhir diperoleh dimana kelas ekserimen meningkat setelah pengimplementasian model dengan nilai 83,21 dibandingkan dengan kelas kontrol dengan nilai 62,32 dengan selisih nilai 20,89.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

sittah

Publisher

Subject

Education

Description

SITTAH: Journal of Primary Education covers the study of Islamic Education worldwide, especially at the primary school level or Madrasah Ibtidaiyah. The study should aim at gaining some new knowledge in the scope of Islamic Education or gaining any developmental advantages as these topics below: ...